INIKLIK.ID – Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Makassar mengikuti Rapat Koordinasi Teknis dan Nonteknis terkait penerapan sistem pembayaran pada aplikasi Lontara+ bersama Bank Sulselbar secara virtual melalui Zoom Meeting, Senin (24/11/2025).
Pertemuan yang membahas integrasi pembayaran untuk mendukung fitur pemesanan tiket dan layanan wisata lainnya pada aplikasi Lontara+ ini diinisiasi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar bersama Tim Transformasi Digital Makassar.
Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar (Kadispar), Achmad Hendra Hakamuddin, menekankan pentingnya peningkatan sistem pembayaran agar proses transaksi menjadi lebih cepat dan responsif.
Salah satu isu teknis yang dibahas adalah keterlambatan penerimaan notifikasi pembayaran yang selama ini membutuhkan waktu lebih lama dari ideal.
Hal tersebut dinilai perlu segera diatasi agar layanan pemesanan tiket dan fasilitas wisata dapat berjalan tanpa hambatan.
“Beberapa waktu terakhir kami sudah berkoordinasi dengan pihak Bank Sulselbar maupun tim teknis. Masalah utama berada pada durasi penerimaan notifikasi pembayaran yang masih membutuhkan waktu. Ini harus segera dicarikan solusinya demi efektivitas layanan,” ujarnya.
Menurut Kadispar, sistem yang terintegrasi akan memudahkan pengunjung dalam mengakses berbagai layanan secara lebih cepat dan teratur.
“Kita berharap semua proses ini berjalan lancar dan sistem pembayaran Lontara+ dapat segera terimplementasi dengan baik. Tujuan kita sama: memastikan masyarakat mendapat layanan digital pariwisata yang lebih cepat, nyaman, dan terintegrasi,” lanjutnya.
Ke depan, akan disusun timeline bersama sebagai panduan penyelesaian proyek, termasuk estimasi target peluncuran serta mitigasi risiko teknis maupun administratif.
Eksplorasi konten lain dari iniklik
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.
